Jumat, 26 Maret 2021

Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village

 

STES Islamic Village kembali mengadakan literasi tentang Ekonomi dan Perbankan Syariah di Pondok Pesantren Tahfizh & Ekonomi Islam Multazam Bogor. Literasi yang diadakan melalui Zoom yang dihadiri oleh 68 peserta literasi yang semuanya adalah santri kelas 12.

Literasi yang diberikan oleh STES Islamic Village berisikan tentang pentingnya kita mengamalkan dan juga menggunakan Ekonomi Syariah di kehidupan kita. Selain aturan yang telah dijalankan oleh Rasulullah sejak zaman dahulu, keuangan syariah pun sudah wajib dijalankan oleh dalil Al Quran tentang haramnya riba dan halal nya jual beli yang didasarkan saling ridha antara kedua belah pihak.

Kemudian poin yang disampaikan selain pentingnya menjalankan keuangan secara syariah, Ka Faizal selaku promotor sekaligus alumni lulusan pesantren pun menjelaskan bahwa, santri itu harus serba bisa, seperti halnya berbisnis, karena bisnis merupakan hal yang sangat mudah untuk dimulai, tetapi tidak semudah yang dibayangkan oleh kita. maka perlu adanya pembelajaran bisnis secara mendalam agar arah kita berbisnis itu sesuai dengan capaian yang diharapkan, baik dari alur keuangannya, perhitungan harga pokok sampai harga jual, dan sebagainya. maka poin ini juga disebut dengan SANTRIPRENEUR. artinya, sebagai santri waktu bukan menjadi halangan untuk menjadi seorang entrepreneur, akan tetapi bagaimana kita mencari peluang dan kesempatan serta target pasaran yang sudah tersedia.

Di akhir acara, Ibu Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village, Ibu Hj. Atiqi memberikan tantangan atau challenge untuk santri-santri Ponpes Multazam, agar menjalankan bisnisnya, dan bagi yang meraih untung yang banyak akan dijadikan beasiswa di STES Islamic Village.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *